Rabu, 19 April 2017

Visualisasi Lampu Taman

       Berikut ini adalah langkah-langkah dalam membuat visualisasi lampu taman menggunakan software Blender 3D:
1.  Pertama kita buat bagian tiang lampunya terlebih dahulu. Buatlah sebuah circle dengan cara menekan shift+A, pilih mesh lalu circle.





    2.  Masuk ke edit mode dengan cara menekan tab. Setelah itu seleksi seluru bagian dari circlenya,            kemudian tekan F.


    3.  Kemudian kita extrude ke atas dengan menekan E, lalu tarik ke atas.



4.   Lakukan extrude lagi, kemudian tekan S untuk scale (memperlebar atau memperkecil                  permukaan).






 5.  Lakukan extrude dan scale lagi sesuai dengan kreasi anda sehingga menyerupai bentuk seperti tiang lampu taman.





    6. Langkah berikutnya adalah memberi pewarnaan pada tiang lampu tersebut. Caranya adalah kita klik menu material yang tersedia di bar sebelah kanan. Buat warna baru dengan mengklik new. Beri nama tekstur tersebut dengan kayu. Lalu pilih warna coklat yang tersedia di pallete warna pada bagian diffuse. Setelah selesai klik assign. Jangan lupa untuk menseleksi seluruh bagian dari tiang lampu tersebut dengan cara menekan A sebanyak 2 kali, kemudian baru klik assign.



    7.  Setelah selesai dengan bagian tiang, kita masuk ke tahap membuat lampunya. Kembali ke object mode dengan mengklik tab, kemudian pilih layer baru. Buatlah sebuah UV sphere dengan menekan shift+A pilih mesh lalu pilih UV sphere.

   8.   Kemudian masuk ke teknik pencahayaannya. Pertama kita buat material dengan cara yang sama dengan memberi warna pada tiang lampu tadi. Kita klik menu material di bar sebelah kanan, kemudian buat warna kuning untuk lampunya, jangan lupa assign setelah selesai membuat warnannya. Pada bagian specular kita set intensitynya sebesar 1. Pada bagian shading kita set emitnya dengan nilai 2.

   9. Lalu kita pilih menu world yang ada pada deretan menu yang sama dengan material tadi. Cari bagian indirect lightning kemudian centang pilihan tersebut. Di bawahnya pada bagian gather kita klik approximate, set value untuk passes menjadi 4.


   10. Kita pindahkan objek lampu tersebut ke layer tempat tiang berada dengan cara klik objectnya lalu tekan M, pilih layer yang diinginkan.
    
   11.  Atur posisi dari kedua objek sehingga terlihat pas.

   12. Untuk membuat objek kursi taman tambahkan 6 cube yang dibentuk pipih dan atur seperti gambar berikut.


   13. Tambahkan cube untuk membuat besi penyangga kursi, tekan R+ x untuk mengatur kemiringan besi.  Tekan CTRL+R lalu tekan E untuk membuat peyangga tempat duduk. 

   14.  Pada bagian bawah besi penyangga tempat duduk, tekan E lalu drag ke bawah untuk membuat kaki kursi. 


   15. Tekan shift+D drag searah sumbu Y untuk membuat besi peyangga berikutnya. Beri warna dan hasilnya seperti gambar di bawah.


   16.  Seleksi objek kursi lalu klik join untuk menggabungkan semuanya. Kemudian pindahkan objek kursi ke layer tempat objek lampu berada. 


   17. Tambahkan tembok di sekeliling lampu dan kursi dengan cara membuat objek plane. Lalu pada plane bagian bawah tekan CTRL + R untuk membuat edge baru. 

   18.  Seleksi face pada plane lalu berikan tekstur rumput. Tekan CTRL + R, ekstrude untuk membuat jalan dan pembatas.  Selanjutnya berikan warna untuk jalanan dan pembatas pada plane.

   19. Render object tersebut dalam mode camera. Cara merubah ke mode camera adalah dengan mengklik menu view yang ada di kiri bawah lembar kerja anda, pilih camera. Atau cara lainnya adalah dengan menekan numpad 0. Kemudian cari posisi yang pas dan lakukan render dengan menekan F12.

   20. Hasilnya akan menjadi seperti ini 




Tugas 1A Visualisasi Lampu Taman

Kelompok :
Afriandri Prima Utama (50414413)
Alfonsius Krisnanda ( 50414827)
Annisa Larasati A (51414380)
Fenton Martin (54414156)
Indra Arianggi S (55414290)

3IA01

1 komentar: