Berikut ini adalah langkah-langkah dalam membuat visualisasi lampu taman menggunakan software Blender 3D:
1. Pertama kita buat bagian tiang lampunya terlebih dahulu. Buatlah sebuah circle dengan cara menekan shift+A, pilih mesh lalu circle.
3. Kemudian kita extrude ke atas dengan
menekan E, lalu tarik ke atas.
4. Lakukan extrude lagi, kemudian tekan S untuk scale (memperlebar atau memperkecil permukaan).
20. Hasilnya akan menjadi seperti ini
1. Pertama kita buat bagian tiang lampunya terlebih dahulu. Buatlah sebuah circle dengan cara menekan shift+A, pilih mesh lalu circle.
2. Masuk ke edit mode dengan cara menekan
tab. Setelah itu seleksi seluru bagian dari circlenya, kemudian tekan F.
4. Lakukan extrude lagi, kemudian tekan S untuk scale (memperlebar atau memperkecil permukaan).
5. Lakukan extrude dan scale lagi sesuai dengan
kreasi anda sehingga menyerupai bentuk seperti tiang lampu taman.
6. Langkah berikutnya adalah memberi
pewarnaan pada tiang lampu tersebut. Caranya adalah kita klik menu material
yang tersedia di bar sebelah kanan. Buat warna baru dengan mengklik new. Beri
nama tekstur tersebut dengan kayu. Lalu pilih warna coklat yang tersedia di
pallete warna pada bagian diffuse. Setelah selesai klik assign. Jangan lupa
untuk menseleksi seluruh bagian dari tiang lampu tersebut dengan cara menekan A
sebanyak 2 kali, kemudian baru klik assign.
7. Setelah selesai dengan bagian tiang, kita
masuk ke tahap membuat lampunya. Kembali ke object mode dengan mengklik tab,
kemudian pilih layer baru. Buatlah sebuah UV sphere dengan menekan shift+A
pilih mesh lalu pilih UV sphere.
8. Kemudian masuk ke teknik pencahayaannya.
Pertama kita buat material dengan cara yang sama dengan memberi warna pada
tiang lampu tadi. Kita klik menu material di bar sebelah kanan, kemudian buat
warna kuning untuk lampunya, jangan lupa assign setelah selesai membuat
warnannya. Pada bagian specular kita set intensitynya sebesar 1. Pada bagian
shading kita set emitnya dengan nilai 2.
9. Lalu kita pilih menu world yang ada pada
deretan menu yang sama dengan material tadi. Cari bagian indirect lightning
kemudian centang pilihan tersebut. Di bawahnya pada bagian gather kita klik
approximate, set value untuk passes menjadi 4.
10. Kita pindahkan objek lampu tersebut ke
layer tempat tiang berada dengan cara klik objectnya lalu tekan M, pilih layer
yang diinginkan.
11. Atur posisi dari kedua objek sehingga terlihat pas.
11. Atur posisi dari kedua objek sehingga terlihat pas.
12. Untuk membuat objek kursi taman tambahkan
6 cube yang dibentuk pipih dan atur seperti gambar berikut.
13. Tambahkan cube untuk membuat besi
penyangga kursi, tekan R+ x untuk mengatur kemiringan besi. Tekan CTRL+R lalu tekan E untuk membuat peyangga
tempat duduk.
14. Pada bagian bawah besi penyangga tempat
duduk, tekan E lalu drag ke bawah untuk membuat kaki kursi.
15. Tekan shift+D drag searah sumbu Y untuk
membuat besi peyangga berikutnya. Beri warna dan hasilnya seperti gambar di
bawah.
16. Seleksi objek kursi lalu klik join untuk
menggabungkan semuanya. Kemudian pindahkan objek kursi ke layer tempat objek
lampu berada.
17. Tambahkan tembok di sekeliling lampu dan
kursi dengan cara membuat objek plane. Lalu pada plane bagian bawah tekan CTRL
+ R untuk membuat edge baru.
18. Seleksi face pada plane lalu berikan
tekstur rumput. Tekan CTRL + R, ekstrude untuk membuat jalan dan pembatas. Selanjutnya berikan warna untuk jalanan dan
pembatas pada plane.
19. Render object tersebut dalam mode camera.
Cara merubah ke mode camera adalah dengan mengklik menu view yang ada di kiri
bawah lembar kerja anda, pilih camera. Atau cara lainnya adalah dengan menekan
numpad 0. Kemudian cari posisi yang pas dan lakukan render dengan menekan F12.
20. Hasilnya akan menjadi seperti ini
Tugas 1A Visualisasi Lampu Taman
Kelompok :
Afriandri Prima Utama (50414413)
Alfonsius Krisnanda ( 50414827)
Annisa Larasati A (51414380)
Fenton Martin (54414156)
Indra Arianggi S (55414290)
3IA01
Keren gambarnya dan semoga makin sukses.
BalasHapushttp://www.superartikelblog.xyz/